Cara Mengecilkan PDF Tanpa Aplikasi

Bagaimana cara mengecilkan PDF tanpa aplikasi? Kali ini, Jibrot akan menjelaskan cara mengubah ukuran PDF menggunakan PDF reader bawaan, yakni Adobe Acroba Reader tanpa aplikasi lain. Dengan begini, Anda tidak perlu repot-repot mencari aplikasi baru, kan?

Proses mengubah ukuran file PDF menggunakan Acrobat Reader bisa dilakukan hanya dengan beberapa langkah mudah berikut sesuai dengan hasil ujicoba tim Jibrot:

Menggunakan Adobe Acrobat Reader

Langkah 1: Buka Adobe Acrobat

Buka file PDF yang akan diubah ukurannya. Untuk melakukan ini, buka Adobe Acrobat di PC Anda. Di halaman awal, klik tab “Alat” dan pilih “Optimalkan PDF”. Anda akan diminta untuk membuka file PDF dengan menavigasi ke lokasi penyimpanannya.

Langkah 2: Ubah ukuran PDF dengan Adobe

Setelah file dibuka, berbagai opsi pengoptimalan akan muncul di atas file. Opsi ini diberi label “Kurangi Ukuran File”, “Pengoptimalan Lanjutan”, “Optimalkan Halaman yang Dipindai”, serta “Preflight”. Adobe Acrobat memungkinkan Anda memilih berbagai tingkat pengoptimalan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 3: Pengaturan untuk Mengubah Ukuran PDF dengan Acrobat

Memilih “Pengoptimalan Lanjutan” membuka pengoptimal PDF yang memungkinkan Anda menyesuaikan berbagai properti file yang dapat dioptimalkan untuk mengurangi ukuran file. Di PDF Optimizer, Anda sekaligus bisa menentukan tingkat optimasi yang akan dilakukan pada gambar apakah berwarna, grayscale atau monokrom.

Selain itu Anda masih dapat mengklik kotak centang di bagian bawah layar untuk memastikan gambar hanya dioptimalkan jika ada pengurangan ukurannya. Terakhir, pengguna dapat memilih untuk mempertahankan dokumen asli dengan membuatnya kompatibel dengan dokumen baru. Setelah puas dengan semua parameter yang ditetapkan, Anda dapat melanjutkan dengan mengklik “OK”.

Bagaimana mengubah ukuran PDF dengan Adobe Acrobat Alternative

Selain mengubah ukuran PDF dengan Adobe Acrobat, ada berbagai alternatif yang bisa Anda gunakan untuk melakukan itu. Salah satu alternatif tersebut adalah PDFelement. Untuk mengubah ukuran file PDF, langkah-langkah berikut harus dilakukan:

Langkah 1: Buka PDF

Setelah mengunduh perangkat lunak ke komputer Anda, klik dua kali pada ikon di layar beranda Anda untuk membukanya kemudian lanjutkan untuk membuka file PDF. Untuk melakukan ini, navigasikan ke lokasi penyimpanan tempat file disimpan dengan mengklik “Buka File”. Ini akan membuka jendela baru yang dapat Anda gunakan untuk pergi ke lokasi tempat file tersebut berada.

Langkah 2: Ubah ukuran PDF

Setelah file dibuka, klik “File” lagi lalu klik “Optimalkan” untuk menampilkan opsi pengoptimalan yang tersedia.

Halaman baru ini akan menampilkan nama file dan direktori penyimpanannya di bagian atas. Di bawah nama file, terdapat slider yang dapat digerakkan ke kiri dan kanan untuk mengatur tingkat pengoptimalan yang akan dilakukan pada file PDF. Memindahkan penggeser ke kiri akan mengoptimalkan aspek file yang sangat kecil yang berarti file PDF tidak akan diubah ukurannya dengan margin yang sangat besar.

Memindahkan penggeser ke kanan meningkatkan tingkat pengoptimalan sehingga berarti file akan diubah ukurannya secara signifikan. Di bawah penggeser ini, pengguna dapat melihat ukuran akhir dari dokumen PDF yang diubah ukurannya serta persentase di mana file asli dioptimalkan. Setelah mendapatkan hasil optimal, klik “Optimize” untuk memulai proses pengecilan PDF.

Selesai. Sekarang PDF Anda sudah berukuran lebih kecil dan bisa dengan mudah dikirim via email atau media komunikasi lainnya. Bagaimana, mudah kan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *