Injeksi Insulin, Bagaimana Akhir Hidup Penderita Diabetes?

“Dok, bolehkah saya minum obat saja tanpa harus menggunakan suntikan?”

Pertanyaan seperti di atas adalah pertanyaan umum yang diajukan oleh pasien diabetes ketika mereka harus menerima resep untuk pengobatan insulin. Umumnya penderita diabetes memiliki rasa takut ketika harus menggunakan insulin.

Hal yang menjadi perhatian pasien ini adalah anggapan bahwa jika mereka menggunakan insulin, itu berarti pasien menderita diabetes parah, dan mereka juga berpikir bahwa jika mereka telah menggunakan insulin, itu berarti mereka akan selamanya menggunakan insulin dan tidak dapat beralih kembali menggunakan. obat-obatan oral.

Tapi apakah asumsi di atas benar? Padahal insulin diberikan oleh dokter melalui pertimbangan tertentu dan diharapkan dapat membantu kerja kelenjar ludah perut untuk memproduksi insulin sehingga meringankan kerja kelenjar ludah perut.

Selain menghentikan penggunaan insulin, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter. Secara umum penggunaan insulin dapat dihentikan dan dapat kembali ke pengobatan oral jika setelah 3 bulan pemantauan kadar HbA1c pasien sudah membaik dan pasien dapat menyesuaikan gaya hidupnya. Kemudian dokter bisa berhenti memberikan insulin.

Kapan insulin ditemukan?

Penemuan insulin pada awal abad ke-20 menjadi terobosan luar biasa dalam bidang medis, khususnya dalam obat diabetes. Pada tahun 1922, ilmuwan bernama Frederick Banting, Charles Best, dan John Macleod berhasil menemukan insulin dan pada tahun 1923 ketiga ilmuwan tersebut dianugerahi Hadiah Nobel.

Insulin adalah senyawa yang disekresikan oleh kelenjar ludah lambung (pankreas). Insulin dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk mengubah dan memasukkan glukosa darah (gula darah) ke dalam sel untuk dijadikan energi yang dibutuhkan oleh sel-sel dalam tubuh.

Pada diabetes tipe I, pankreas tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Jadi insulin mutlak diperlukan. Pada diabetes tipe 2, pasien memproduksi insulin, tetapi insulin tidak dapat menjalankan fungsinya secara optimal untuk memasukkan gula darah ke dalam sel.

Dengan meningkatkan penyerapan gula oleh sel dan menurunkan kadar gula darah, ini mencegah dan mengurangi komplikasi diabetes lebih lanjut.

Kapan insulin diberikan?

Awalnya, terapi insulin hanya ditujukan untuk penderita diabetes tipe 1. Namun pada kenyataannya insulin lebih banyak digunakan oleh penderita diabetes tipe 2 karena kejadian diabetes tipe 2 jauh lebih tinggi dibandingkan dengan diabetes tipe 1.

Beberapa kondisi di mana insulin diberikan:

Diabetes tipe 1 (wajib)

Diabetes tipe 2 yang gagal mencapai target dengan kombinasi dosis optimal obat oral (3-6 bulan)

diabetes tipe 2 dengan:

Mengkonsumsi obat steroid dosis tinggi yang menyebabkan kadar gula darah tidak terkontrol

Merencanakan operasi yang kadar gulanya perlu segera diturunkan

Apakah semua insulin sama?

Pada dasarnya sama, namun masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Dengan perkembangan teknologi saat ini, insulin dapat dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki kehidupan kerja yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Ada beberapa jenis insulin yang dibagi menurut durasi kerjanya:

Insulin kerja pendek yang berhubungan dengan makan berarti digunakan untuk mengontrol gula darah setelah makan dan diberikan sebelum makan

Insulin kerja sedang digunakan untuk mengontrol gula darah basal (saat tidak makan/puasa)

Insulin kerja panjang yang juga digunakan untuk mengontrol gula darah basal.

Apapun jenis insulin yang digunakan pasien, sangat dianjurkan untuk memantau kadar gula darah secara mandiri di rumah untuk memudahkan penyesuaian dosis atau diet. Selain itu, pasien juga harus waspada karena efek samping penggunaan insulin adalah risiko hipoglikemia (kadar gula darah di bawah normal).

Jadi, apakah insulin merupakan langkah terakhir dalam pengobatan diabetes? Jawabannya adalah tidak. Karena banyak penelitian mengungkapkan bahwa insulin yang diberikan lebih awal. Dan juga jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau menghentikan suatu obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *